Nomor Katalog | : | 4102002.94 |
Nomor Publikasi | : | 94000.2219 |
ISSN/ISBN | : | |
Frekuensi Terbit | : | Tahunan |
Tanggal Rilis | : | 28 Juli 2022 |
Bahasa | : | Indonesia |
Ukuran File | : | 13.71 MB |
Abstraksi
Pembangunan manusia merupkan proses perluasan pilihan manusia. Namun, pada semua level pembangunan, ada tiga pilihan yang paling mendasar yaitu untuk berumur panjang dan hidup sehat, untuk memperoleh pendidikan dan untuk memiliki akses terhadap sumber-sumber kubutuhan agar hidup secara layak. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan indeks komposit yang mengukur pembangunan manusia berdasarkan empat indikator, yaitu umur harapan hidup saat lahir, harapan lama sekolah, rata-rata lama sekolah, dan pengeluaran per kapita. Selama periode 2020, IPM Indonesia dan komponen pembentuknya mengalami kenaikan. Namun, disparitas antarwilayah masih menjadi masalah dalam pembangunan manusia. Pada tahun 2020, dimensi pendidikan memiliki kontribusi paling besar terhadap capaian IPM Indonesia. Sementara itu, monitoring terhadap kinerja setiap dimensi harus memperhatikan indikator input, proses, serta output lain. Hal ini dilakukan agar pembangunan manusia dapat mencapai tingkat yang optimal.